Grafik Komputer : Autodesk Maya

Maya adalah sebuah perangkat lunak grafik komputer 3D dibuat oleh Alias Systems Corporation (Diakuisisi oleh Autodesk, Inc. pada tahun 2006). Maya digunakan dalam industri film dan TV, dan juga untuk permainan video komputer. Maya digunakan dalam pembuatan animasi Upin Ipin. Kelebihan dari program ini adalah proses pembuatan Animasi yang relatif lebih mudah dibandingkan perangkat 3D lainnya.
Hasil gambar untuk autodesk maya adalah
    Menjadi animator itu harus mempunyai passion dan semangat untuk selalu kreatif untuk menghasilkan karya dengan daya khayal yang tinggi. Tidak hanya dari bakat alami dan keterampilan tangan animatornya, animasi yang bagus juga didukung oleh software yang mumpuni. Salah satu yang dikatakan terbaik adalah Software Maya yang merupakan software untuk membuat animasi dan modeling karena telah dipergunakan oleh film-film Hollywood.

    Autodesk Maya atau sering disingkat menjadi Maya, adalah software desain grafis 3D yang mampu dioperasikan pada Windows, Mac, dan Linux. Pada awalnya software ini dikembangkan oleh Alias System Corporation (Alias|Wavefront), namun saat ini berada di bawah Autodesk, Inc.
    Sebagai software untuk membuat animasi 3D dan modeling dapat dikatakan Maya adalah yang terpopuler –dan sering dikatakan sebagai yang terbaik pada masa kini-, baik untuk modeling maupun animasi, khususnya character modeling dan animation. Selain itu, Maya juga sering digunakan untuk mendesain special effect untuk film.
Maya memiliki modeler serbaguna, animasi karakter yang kuat, kemampuan special effect, serta merupakan paket yang sangat mendalam dan extensible dengan associativity yang kuat. Software ini adalah paket yang kompleks untuk belajar, memiliki interface canggih dan disesuaikan, menampilkan alat-alat berbasis Artisan brush yang memungkinkan objek untuk dibentuk dan diedit oleh proses pengecatan interaktif, dan Paint effect yang memungkinkan rumput, pohon , dan elemen lain terlukis kedalam 3D space Renderable “brush stroke“. Simulasi dinamis benda kaku, soft-bodies, cairan, kain, dan rambut, dikombinasikan dengan scripting language yang kuat, menjadikan Maya piranti visual effect yang hebat.
Saat ini, Maya telah mendunia dan menjadi standar peranimasian international. Sedemikian populernya software Maya hingga industri perfilman Hollywood banyak menggunakannya dalam karya mereka, baik untuk pembuatan video klip, membuat film animasi seperti Finding Nemo, film pendek hingga karya besar berupa film kolosal semacam Lord of The Ring (LOTR). Bahkan Alias Wavefront, pengembang software Maya, menerima penghargaan berupa piala Oscar untuk film LOTR. Grand Turismo juga merupakan salah satu game terkenal yang menggunakan Maya sebagai keperluan untuk produksi gamenya.


Cara Membuat Gambar 3D Sederhana dengan Maya

Maya


 

Pada sebelah kiri ada 9 kota yang memiliki fungsi yang berbeda-beda di mana

- select tool ---> untuk menyeleksi obyek, edge, atau vertex dari obyek 3D

- Lasso tool ---> untuk menyeleksi sebuah obyek, edge, atau vertex dari obyek 3D dengan membentuk garis      lingkar tertentu.

- Paint selection Tool ---> Untuk memilih obyek 3D dengan kuas pemilih

- Move tool ---> untuk memindah kan obyek ke sumbu X, Y, atau pun Z . di keyboard ' W '

- Rotate tool ---> untuk memutar obyek ke sumbu X, Y, atau pun Z  di keyboard ' E '

- Scale tool ----> untuk membesarkan atau mengecilkan obyek 3D di keyboard ' R '

 - Universal manipulator ---> gabungan dari move, rotate , scale

-  Soft Modification Tool ---> untuk menghaluskan objek 3D tanpa menambahi vertex.soft modification Tool berbeda dengan mode halus (pencet ' 3' pada keyboard),
soft modification Tool menghaluskan objek 3D tanpa menambahi vertex.
sedangkan mode halus  (pencet ' 3' pada keyboard) mengkalikan dua kali vertex yang ada.

 

 

 

 

 

 

Contoh :

1.    Membuat Apel

Pertama, buka halamant kerja anda,
pilih Curves


Pada Curves ada beberapa fungsi tombol, NUREBS Circle, NURBS Square, EP Curve tool, Pencil Curve tool dan lain-lain.
kita pilih yah ke 4 yaitu Pencil Curve tool .
Lalu tekan spasi dan buatlah gambar setengah apel pada kotak di bawah kotak lembar kerja utama seperti gambar di bawah ini :

  
setelah bentuk setengah apel sudah jadi, kembali ke halaman utama,

Blok gambar setengah apelnya dan pilih Surfaces lalu pilih Revolve, dan haslinya akan seperti pada gambar di bawah ini

Untuk mebuatnya kelihatan hitam seperti gambar di atas, pilihlah seperti pada tanda panah warna kuning, tapi sebelumnya harus di blok dulu, lalu untuk memisahkan antara garis dengan gambar, geser gambar menggunakan move tool seperti pada gambar panah warna putih lalu geser kek kiri agar terpisah garis dengan gambar apelnya, setelah itu, blok garisnya lalu tahan klik kanan lalu pilih Control Vertex.

Lalu gunakan Move Tool untuk menarik titik vertex agar gambar kelihatan persis seperti apel sepertig gambar ini 

Setelah itu kita tambahka warna tahan klik kanan lalu pilih Assign New Material

Lalu pilih Blinn dan akan keluar seperti gambar di sebelahnya lalu pilih Color

Lalu pilih warna seperti yang anda inginkan 

Setelah itu kita tambahkan tangkai dan daun nya saja, dan hasilnya seperti pada gambar ini 

Finis.........!

 

2.   Membuat Gelas 

Pertama Buka halaman kerja baru, lalu pilih Curves lalu pilih yang gambar lingkaran atau NUREBS Circle.

Lalu perbanyaklah lingkaran dengan bentuk yang berbeda dan berfariasi seperti gambar gelas


Lalu blok satu persatu lingkaran itu dari bawah ke atas lalu pilih Surfaces > Left

 Maka gambar akan berbentuk dan pilih Kotak biru untuk membuat gambar kelihatan.

 Klik kanan pada gambar dan pilih Cotrol Vertex untuk membuat gambar gelas manjadi lebih indah.

 Dan Hasilnya seperti ini, kita tinggal menambahkan warnanya saja seperti cara pada menambahkan warna pada Apel, dan hasilnya seperti gambar di bawah ini

Finis.............!! 

 

3.   Membuat Ikan

Tidak jauh beda dengan cara membuat gelas, kita akan menggunakan lingkaran sebagai bahan utamanya,
Pertama-tama buat lah lingkaran dan bedirikan linggkaran dengan menggunakan Rotate tool

 Lalu perbanyaklah lingkaran hingga membentuk seperti ikan

Lalu blok satu persatu lingkaran itu dari lingkaran kecil di blakang hingga ke depan Surfaces > Left
dan gambar akan berbentuk dan pilih Kotak biru untuk membuat gambar kelihatan.

Lalu Klik kanan tahan dan pilih Control Vertex dan gunakan Vertex dan Move Tool dan Scale Toll untuk memper bagus dan memper indah bentuk ikan anda, jika mingin lingkaran untuk mata, pilih Polygons lalu pilih Polygon Sphere.
Hasilnya akan seperti ini

 Untuk mewarnainya caranya sama seperti saat ingin mewarnai Apel dan Gelas

 Dan Hasilnya seperti gambar di bawah ini.

 





Referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Autodesk_Maya

Komentar